Menyambut Kelahiran Bayi Sesuai Anjuran Rosul

Spread the love

Kelahiran sang buah hati memang suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah melakukan sebuah pernikahan. Oleh karena itu ketika sang buah hati tersebut sudah lahir maka orang tuanya akan menjadi sangat bahagia sekali dan berharap anak yang lahir tersebut akan tumbuh menjadi seorang yang soleh dan juga sholehah. Namun disamping itu kelahiran seorang bayi tersebut merupakan suatu amanah atau tanggung jawab yang memang harus dijaga dan juga dijalankan oleh orang tua tersebut yaitu mereka harus mendidik anaknya dengan sebaik mungkin agar kelak anaknya mampu menjadi seorang anak yang berguna bagi masyarakat dan juga agamanya. Anda bisa memesan kambing aqiqah di aqiqah Jakarta Utara.

Beberapa Sunnah Yang Dicontohkan Rosul Untuk Menyambut Kelahiran Sang Buah Hati

Ketika bayi tersebut lahir ke dunia ini maka kita sebagai orang tua perlu melakukan beberapa apa acara penyambutan bagi bayi tersebut. Namun beberapa cara penyambutan tersebut juga telah diajarkan oleh Rasulullah SAW saat beliau menyambut kehadiran anaknya. Nah berikut ini kami akan menjelaskan beberapa sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk menyambut sang buah hati.

  • Menyebarkan kabar gembira

Ketika sang buah hati telah lahir ke dunia ini maka disunahkan oleh Rasulullah saw untuk memberikan atau menyebarkan kabar gembira mengenai kelahiran buah hati tersebut kepada orang-orang di sekitarnya. Allah berfirman bahwa malaikat Jibril pernah datang menemui Nabi Zakariya yang sedang melakukan shalat di Mihrab dan kemudian mengabarkan bahwa saat ini Allah telah meberikannya kegembiraan dengan menghadirkannya seorang putera yang bernama Yahya. Jadi ketika bayi Anda sudah lahir maka Anda segeralah untuk membagikan berita bahagia tersebut kepada orang di sekitar Anda agar mereka juga turut merasakan kebahagiaan yang Anda rasakan.

  • Mendengarkan azan dan iqamah

Sunnah yang selanjutnya adalah sangat dianjurkan kepada bayi yang baru lahir untuk diperdengarkan adzan dan juga iqomah pada kedua telinganya. Hal ini sebagaimana telah disebutkan dalam suatu hadist, bahwa barang siapa yang mengumandangkan adzan pada telinga kiri bayi pada saat dia baru lahir, niscaya bayi tersebut akan terhindar dari segala keburukan dan juga gangguan. Dengan melantunkan atau memperdengarkan suara azan tersebut diharapkan dapat menanamkan benih-benih keimanan dalam hati anak tersebut sejak bayi.

  • Melakukan tahnik

Selanjutnya ketika bayi Anda telah lahir ke dunia ini maka ayahnya disunahkan untuk mentahnik si bayi dengan buah kurma. Teknik tersebut merupakan sebuah kegiatan untuk mengunyah kurma sampai hancur lalu sebagian dari kurma tersebut diletakkan pada langit-langit mulut si bayi tersebut. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh hadis Al Bukhari disebutkan dari Nabi Musa, bahwa dahulu ada seorang bayi yang dibawa kepada Rasulullah dan kemudian Rasulullah memberikannya nama serta mentahnik nulutnya dengan menggunakan sebutir kurma yang telah dikunyahnya. Lalu Rasulullah mendoakannya agar mendapatkan barokah dan kemudian mengembalikannya kepada orang tuanya.

Dilaksanakannya Aqiqah Untuk Menyambut Kelahiran Sang Buah Hati

Dalam ajaran agama Islam juga mengajarkan bahwa ketika kita ingin menyambut kelahiran seorang bayi maka kita disunahkan untuk melakukan aqiqah yang berarti menyembelih seekor kambing dan kemudian menyumbangkan daging kambing tersebut kepada keluarga dan juga fakir miskin dalam keadaan matang atau siap santap. Waktu pelaksanaan dari aqiqah yang memang paling utama adalah pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21, jika Anda melaksanakan melebihi hari-hari tersebut maka hal itu tidak termasuk sisi keutamaan namun memang masih tetap boleh untuk dilaksanakan. Anda bisa memesan kambing di aqiqah Jakarta Utara Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa hal yang juga dilakukan saat dilakukannya akikah untuk bayi tersebut.

  • Memberikannya nama yang baik

Salah satu bentuk dari rasa syukur kita sebagai orang tua dan juga tanggung jawab dalam pengurus serta mendidik anak adalah dengan menyiapkan sebuah nama yang baik untuk anak kita. Biasanya orang tua akan memberikan nama-nama yang baik sebab akan menjadi sebuah doa dan identitas bagi anak tersebut hingga nanti dia dewasa. Jadi sangat penting sebenarnya bagi orang tua tersebut untuk memberikan nama dengan memperhatikan makna yang terkandung di dalamnya. Dari Abu Daud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, nanti ketika hari kiamat maka setiap orang akan dipanggil dengan namanya dan juga nama bapaknya, maka berikanlah nama yang bagus kepada anak-anak anda.

  • Mencukur rambutnya

Kemudian setelah Anda melaksanakan aqiqah maka dalam cara aqiqah tersebut disunahkan untuk mencukur rambut bayi tersebut. Disunnahkan untuk Anda mencukur seluruh rambut yang ada di kepala bayi tersebut dan bukan sebagian saja. Setelah rambut tersebut sudah dicukur semuanya maka disunahkan untuk Anda memberi wewangian dan mengucapkannya kepada kepala bayi tersebut. Seluruh rambut yang telah dicukur akan ditimbang dan ditukarkan dengan emas dengan berat yang sama kemudian disedekahkan kepada fakir miskin atau orang yang membutuhkan. Pesanlah kambing untuk aqiqah di aqiqah Jakarta Utara.